menguapTerkadang tubuh kita melakukan sesuatu yang kelihatannya sederhana tetapi di luar kontrol kita, seperti halnya bersin, menguap, menggigil, mendengkur, dsb. Berikut penjelasan mengapa hal-hal tersebut terjadi:

Bersin

Bersin adalah ekspirasi udara secara cepat. Disebabkan karena terjadi iritasi di saluran hidung. Tujuannya adalah menghilangkan penyebab iritasi tersebut. Anak-anak bersin lewat hidung sedangkan orang dewasa lewat mulut. Kejadian ini terjadi di luar kontrol manusia dan susah dikendalikan.

Menguap

Menguap menunjukkan adanya kekurangan oksigen, atau akumulasi dari karbondioksida di paru-paru atau saluran pernapasan. Hal ini terjadi ketika seseorang berada pada kondisi tidak aktif dalam waktu yang lama, seperti duduk dan mendengarkan presentasi yang membosankan. Frekuensi bernapas berkurang dan kualitas udara di paru-paru dan saluran pernapasan tidak dapat ditoleransi. Penghirupan udara dalam bentuk membuka mulut lebar-lebar, mendorong udara kotor keluar, membawa karbondioksida bersamanya, dan menyerap oksigen.

Menggigil

Ketika otot berkontraksi untuk menghasilkan energi guna melakukan kerja maka dihasilkan panas sebagai produk sampingan. Jika tidak ada pekerjaan yang harus dilakukan maka, kontraksi otot menghasilkan panas dengan sendirinya. Hal ini terjadi dalam mekanisme fisiologis berupa menggigil, di mana gigi mengeretak dan bagian tubuh yang lain bergerak karena kontraksi otot yang bertujuan mengasilkan panas guna menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Kejang/kram otot

Kejang/kram otot biasanya terjadi sebagai sinyal terhdap terjadinya otot tertarik. Hal ini biasanya terjadi pada atlit, atau pada manusia kebanyakan ketika sedang jatuh tertidur atau baru saja terbangun.

Perut bergemuruh

Otot perut berkontraksi dan menggerakkan udara di dalamnya. Hal ini sering terjadi ketika tidak ada makanan di dalam perut.

Mendengkur

Mendengkur terjadi ketika uvula (daging yang tergantung dalam kerongkongan) digerakkan oleh udara pernapasan yang masuk lewat mulut dan gerakannya menyentuh struktur kerongkongan yang lain.

Engkel yang bengkak

Ketika seseorang duduk tanpa menggerakkan kaki dalam waktu yang lam. Maka sering terjadi engkel yang mengalami pembengkakan.