vantage-pointFilm ini bercerita tentang serangan teroris terhadap KTT tingkat dunia yang dihadiri 150 pemimpin negara. KTT itu sendiri merupakan pertemuan untuk membahas kerja sama internasional dalam usaha memerangi teroris. Bagi anda yang sudah bosan dengan tema teroris Vs Amerika Serikat, anda boleh kecewa dengan tema yang menjadi dasar cerita film ini. Akan tetapi tunggu dulu, tema boleh mengecewakan tetapi ada beberapa hal yang membuat film ini, menurut saya, layak untuk ditonton. Salah satunya adalah teknik penceritaan yang menurut saya adalah hal yang baru dan inovatif dari penulis screenplay film ini Barry L. Levy. Screenplay diawali dengan proses pemberitaan acara pembukaan GTT oleh TV Amerika Serikat, GNN (sepertinya produser film ini tidak berhasil mengajak CNN untuk menjalin kerjasama dalam film sehingga CNN pun diplesetkan menjadi GNN). Pada bagian ini kita akan melihat akting dari si pembasmi alien Sigourney Weaver yang berperan sebagai Rex Brooks, news director dalam siaran live pembukaan KTT tersebut. Bagian pertama ini tidaklah lama, hanya sekitar 7,5 menit, akan tetapi bagi anda yang ingin berkarir di bidang media khususnya televisi, anda akan disuguhi tontonan yang menarik yang menunjukkan bagaimana seorang news director mengarahkan para kru TV untuk menampilkan sebuah siaran langsung dari sebuah lokasi pemberitaan.
Anda akan melihat bagaimana Sigourney Weaver memutuskan kapan reporter lapangan tampil dan kapan reporter studio mengambil alih peran pemberitaan. Anda juga akan disuguhi proses pengambilan keputusan dalam pemindahan tayangan antara 5 kamera televisi yang digunakan untuk merekam acara pembukaan KTT: kamera no berapa yang harus ditayangkan dalam suatu spot dan bagaimanakah seorang kameraman mengambil gambar dari jauh ataukah dari dekat. Hemat saya, bagian pertama dari film ini tidaklah mengecewakan untuk dilihat. Bagian pertama ini diakhiri dengan ditembaknya Presiden Ashton, presiden AS yang diperankan oleh Wiliam Hurt dan meledaknya bom di tempat pembukaan KTT.

Bagian selanjutnya dari film adalah flashback ke waktu sebelum terjadinya penembakan dan ledakan. Disinilah bagian yang saya anggap sebagai sebuah inovasi dari penulis Barry L. Levy. Saya sebut sebagai sebuah inovasi karena ada 5 buah flashback dalam film ini. Yang menarik adalah kelima flashback tersebut berawal dari satu titik waktu yang sama, pukul 12:59:57, akan tetapi dengan kejadian dan tokoh yang berbeda-beda. Flashback pertama menceritakan sepak terjang sang tokoh protagonist Dennis Quaid yang berperan sebagai Thomas Barnes, pengawal presiden AS. Flashback kedua menceritakan keterlibatan Eduardo Noriega, berperan sebagai Enrique Contreras, seorang polisi Spanyol yang terlibat dalah aksi seranga teroris tersebut. Flasback ketiga menceritakan aksi Forest Whitaker sebagai turis AS (Howard Lewis)yang merekam berbagai kejadian penting detik-detik menuju saat serangan teroris. Melihat aksi Withaker menimbulkan keinginan bagi saya untuk memiliki sebuah handycam, J. Flashback keempat menunjukkan protokoler pengamanan presiden AS. Pada flashback keempat ini anda akan mengetahui sesuatu yang mengejutkan tentang presiden AS setelah masa Presiden Reagan. Apakah itu? Biarkan itu menjadi teka-teki supaya anda tergerak untuk menonton filmnya, J. Flashback kelima atau terakhir menunjukkan sepak terjang para teroris dalam melakukan aksinya. Menyaksikan bagaimana para teroris merencanakan dan mengeksekusi misi mereka menimbulkan satu hal yang menarik bagi saya: apakah para pelaku bom JW. Marriot dan Ritz Carlton pada tanggal 17 Juli 2009 di Indonesia terinspirasi oleh film ini? Mengingat ada dua buah bom yang diceritakan meledak dalam film ini, salah satunya adalah bom yang meledak di lobi hotel tempat presiden AS menginap. Bom tersebut diledakkan oleh seorang bellboy yang bekerja di hotel tersebut dengan kata lain adalah bom bunuh diri oleh orang dalam. Nah lho?

Jadi anda boleh kecewa dengan tema yang disodorkan akan tetapi besar kemungkinana anda tidak akan kecewa dengan teknik penceritaan film ini plus dua hal menarik lainnya: aksi seorang newsdirector dalam “menyutradarai” sebuah siaran langsung pemberitaan dan aksi para teroris yang dirancang dan dieksekusi dengan sangat rapi. Jadi silahkan menonton…

Cast               : Dennis Quaid, Mathew Fox, Forest Whitaker, William Hurt, Sigourney Weaver, Eduardo Noriega

Director       : Pete Travis

Genre            : Action, Thriler

Year               : 2008

MyMark        : 7/10